Apa Saja Jenis Perawatan Rutin Bus Pariwisata?

Apa Saja Jenis Perawatan Rutin Bus Pariwisata? post thumbnail image

Bus pariwisata merupakan salah satu jenis bus yang sangat penting sekali untuk dilakukan perawatan. Bukan tanpa alasan, bus ini selalu digunakan untuk perjalanan jarak jauh dan mengangkut banyak orang. Banyak kasus kecelakaan wisatawan ketika di perjalanan yang disebabkan oleh kelalaian perawatan bus. Ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang mau sewa bus, baiknya anda ketahui Apakah bus tersebut memiliki atau mendapatkan perawatan khusus atau tidak.

Beragam Perawatan Khusus pada Bus Pariwisata

Kemudian penting juga untuk Para pemilik bus untuk melakukan perawatan terhadap kendaraannya. Hal ini penting untuk dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik agar kemudian memberikan keamanan dan kenyamanan pada penyewa bus pariwisata tersebut.  Beberapa perawatan bus yang harus secara rutin dilakukan adalah sebagai berikut ini.

  1. Pengecekan engine atau mesin

Mesin merupakan salah satu komponen paling vital dari sebuah bus. Dengan mesin sebuah bus dapat melaju dengan kencang dan nyaman. Tidak sedikit pula kecelakaan terjadi karena lupa cek mesin bus. Beberapa komponen yang harus di cek dari bus adalah seperti suara mesin, v-belt, kebocoran oleh dan lain sebagainya

  1. Oil treatment

Perawatan terhadap mesin tidak hanya sampai disana. Oli merupakan komponen mesin yang paling banyak berpengaruh terhadap kinerja mesin. Berbagai perawatan oli yang harus dilakukan diantarnya adalah seperti cek oli mesin, cek oli transmisi dan oli garda. Ketiga oli ini harus di ganti secara berkala dengan intensitas yang pas.

  1. Pemeriksaan pada bagian unit

Bagian ini juga jangan sampai anda lewatkan perawatannya. Karena akan memicu mesin bekerja dengan baik. Beberapa komponen yang harus anda lakukan pemeriksaan diantaranya adalah seperti popeller shaft, garda dan lain sebagainya. Lakukan pemeriksaan bagian ini secara berkala.

  1. Perawatan Cek filter udara

Filter udara juga berpengaruh pada kinerja sebuah mesin. Jika lama tidak di bersihkan maka filter udara ini akan tersumbat banyak kotoran yang pada akhirnya akan mengganggu kinerja mesin bus. Jangan anggap sepele hal ini, sering-seringlah di bersihkan dan di cuci agar kotoran pada filter bisa dibuang dengan baik dan filter bisa bekerja dengan baik.

  1. Cek kelistrikan

Kelistrikan pada bus juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai bus mati di tengah-tengah perjalanan. Cek beberapa komponen yang terkait dengan hal  tersebut. Pastikan bahwa kelistrikan pada bus wisata ini berjalan dengan baik sebagaimana mestinya agar perjalanan bisa lebih nyaman dan aman.

Beberapa perawatan sebagaimana disebutkan dan dijelaskan di atas, itu sudah menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan. Penting juga untuk para penyewa untuk mendapatkan jaminan bahwa memang bus pariwisata yang mereka akan sewa sudah dirawat dengan baik.